Jumat, 09 September 2016

Kenapa Kita Tidak Merasakan Rotasi Bumi?



Bumi berputar pada porosnya sekali setiap 24 jam dalam waktu surya, atau 23 jam 56 menit 4 detik dalam waktu sideris.

Di khatulistiwa Bumi, kecepatan putaran Bumi sekitar 1.600km per jam. Jika Bumi memang berotasi seperti itu, kenapa kita tidak merasakannya? Ini dikarenakan kita sama-sama bergerak di permukaan Bumi dengan kecepatan yang konstan.

Sekarang bayangkan ketika kalian sedang naik mobil atau terbang dengan pesawat. Selama perjalnan yang berjalan lancar, kalian dapat meyakinkan diri kalian tidak bergerak. Kalian bergerak bersama mobil atau pesawat kalian kan?

Dan ketika pramugari datang dan menuangkan kopi ke cangkir kalian di dalam pesawat terbang, kopi tersebut tidak terbang ke bagian belakang pesawat. Itu karena kopi, cangkir dan kalian semua bergerak pada kecepatan yang sama seperti pesawat.

Sekarang coba bayangkan apa yang akan terjadi jika mobil atau pesawat tidak bergerak dengan laju yang konstan, melainkan supir atau pilot mempercepat dan memperlambat mobil dan pesawat tersebut. Kemudian, ketika prmugari menuangkan kopi kalian, tumpak tidak karuan.

Demikian jug, Bumi bergerak dengan konstan, dan kita semua bergerak bersama dengan Bumi, dan itulah mengapa kita tidak meraskan putaran rotasi Bumi. Jika putaran Bumi lebih cepat atau melambat secara tiba-tiba, kalian pasti akan merasakannya.

Credit : Infoastronomy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar