Sabtu, 10 September 2016

Tidak Mau Kalah, China Bikin Tiruan Pokemon GO. Namanya City Spirits GO


Sudah banyak negara di Dunia yang bisa resmi menikmati game Pokemoon GO, mungkin masih banyak negara yang menanti penuh harap akan rislisnya game ini secara resmi di negaranya, tapi penduduk China justru tampaknya harus mengucapkan selamat tinggal terhadap Pokemon GO.

Meskipun Pokemon GO akan dirilis di China atau tidak, nitizens China tidak sepenuhnya bersedih. Lantaran di Negeri Tirai Bambu kini memiliki game tiruan dari Pokemon GO, bernama City Spirits GO. Di dataran China sendiri, City Spirits GO sangatlah populer dan menjadi game gratis nomor satu di App Store iOS khusus China.

Bukan hanya namanya saja yang mirip Pokemon GO, City Spirits GO pada dasarnya juga memiliki karakter monster-monster yang bisa berevolusi pula. Hanya saja pengembang City Spirits GO menyebut kalau monster mereka 100% karya sendiri. Namun rupanya seniman yang membuat monster City SPirits GO adalah ilustrator populer yang menggambar fanzine Pokemin di China.

Dengan fakta itu, tak heran kalau ikon untuk City Spirits GO adalah karakter dengan warna kuning dan mata besar yang mirip dengan Pikachu. Sama seperti Pokemon GO, City SPirits GO juga memakai sensor lokasi yang membuat para pemain harus bergerak sesuai GPS peta demi mendapatkan monster di alam liar.

Disebutkan pula monster-monster City Spirits GO memiliki delapan elemen yang berbeda termasuk api dan air yang memang serupa dengan monster Pokemon seperti Squirtle (air) atau Charmander (api). Tak hanya itu, game yang dikembangkan oleh Xiaoyu Sun ini juga memiliki fitur pertarungan antar pemain.

City SPirits GO resmi dirilis di China pada 24 Maret 2016, beberapa minggu setelah Nintendo Jepang melakukan tes beta terhadap Pokemon GO untuk kali pertama. Meskipun serupa, City Spirits GO memiliki kelemahan yang tak bisa membuatnya lebih baik dari Pokemon GO, yakni fitur Augmented Reality (AR) yang jadi kelebihan Pokemon GO. Dengan keputusan pemerintah China yang melarang aplikasi Google, tampaknya bermain Pokemon GO di China akan tinggal kenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar