Jumat, 30 September 2016

5 Cara Menghapal, Agar Tidak Pikun Sebelum Waktunya

Saat kalian mendengarkan lagu, apakah kalian berpikir kenapa liriknya sangat mudah untuk diingat? Sedangkan itu, kenapa kita malah lupa menghapal materi ujian atau data untuk presentasi kantor atau kuliah? Jika kalian menalami hal tersebut, mungkin cara menghapal kalian masih standar-standar saja. Mulai sekarang, cobalah cara menghapal seperti ini, dijamin kalian akan sehebat saat menghapal lagu-lagu hits terkini.


1. Teruslah Mengulani Informasi yang Kalian Perlu. Seperti Lagu, Kalian Akan Hapal Liriknya di Luar Kepala

Seperti lagu, jika terus-menerus mendegarnya, kalian pun akan ngat liriknya di luar kepala. Bahkan kalian yang awalnya tidak suka dengan lagu tersebut, akhirnya menyanyikan liriknya juga. Sama seperti hapalan-hapalan rumus untuk ujian atau rutinitas sehari-hari.

Intiniya, perbanyak melakukan hal yang penting diingat. Jika kalian telah melakukan hal itu setiap hari, niscaya akan menjadi sebuah kebiasaan. Kalian pun tidak perlu dijuluki 'pikun' sebelum waktunya. Semua tugas pasti akan selesai di waktu yang tepat.


2. Kalian Juga Bisa Membuat Lirik Berima. Bukan Hanya Untuk Estetika, Tapi Otak Lebih Mudah Menyerap dan Menerima

Jika kalian ingin menginat sesuatu. Kata-kata berima terkesan lebih quoteable dan berkesan. Jika agenda kalian sehari penuh dibuatkan seperti itu, mungkin kalian sudah bersemangat menyelesaikan to do list hari ini.


3. Kaitkan Hal-Hal yang Punya Relasi Dengan Informasi yang Kalian Ingin. Istilahnya Asosiasi

Kalian hanya punya waktu sebentar untuk mengingat dan menjelaskan apa yang kalian lakukan pada bos. Dalam keadaan ini, pastinya orang-orang akan kebingungan, gugup dan lupa pada apa yang harus disiapkan.

Kalau seoerti ini, coba deh kalian ingat hal-hal yang berkaitan dengan apa yang harus kalian ingat. Misalnya tempat dan waktu yang berhubungan, gambar apa yang kalian lihat saat membaca buku, atau kejadian unik apa yang kalian alami saat itu. Biasanya, yang perlu kalian ingat akan datang dengan sendirinya.

Sebagai contoh, kalian harus mengingat kapan Konferensi Meja Bundar dilaksanakan. Kalian tidak mentah-mentah menginat tanggalnya saja. Tapi kalian bisa mengaitkan memorimu dengan gambar halaman dan foto buku sejarah yang kalian baca. Dengan begitu, kalian tidak terus menghapalkan teks yang panjang saja. Kalian juga memiliki pengalaman lain saat menginatnya kembali.

4. Pastikan Kalian Punya Interest Dengan Hal yang Perlu Diingat. Kalau Ini Sudah Didapat, Informasi di Otak Tidak Akan Minggat

Kenapa klian mudah ingat lirik lagu yang menurut kalian ngenes banget? Ini karena klian punya interest terhadap lagu tersebut. Entah kalian sedang mengalami hal yang sama atau pernah punya kenangan mendalam dengan lirik lagunya.

Jika ada yang perlu kalian ingat, carilah interest kalian pada hal tersebut. Jika tidak ada, asosiasikan dengan hal yang membuat kalian tertarik. Misalnya, kalian harus ingat data-data yang dipersiapkan untuk presentasi. Agar tidak lupa, kalian ingat saja kalau ternyata dari presentasi tersebut, kalian bisa dipromosikan untuk naik jabatan. Nisacaya kalian akan bersemangat menginat data-data tersebut.


5. Buat Jembatan Keledai dari Singkatan. Ini Akan Membuat Hapalan Lebih Unik dan Melekat di Ingatan

"Herlina dan Kak Robi Cs adalah Friends = Unsur kimia golongan 1A (Akali) yaitu H (hidrogen), Li (lithium), Na (natrium), K (kalium), Rb (Rubidium), Cs (sesium) dan Fr (fransium)."

Siapa sangka tabel periodik unsur kimia bisa kalian hapal dengan menarik dan seserhana itu? Cara mengingat seperti itu disebut jembatan keledai. Selain menarik dan masuk akal, bukankah kata-kata singkatan tersebut lebih asyik untuk menempel lebih lama di kepala?

Menghapal sebenarnya tidak sulit, tinggal butuh niat dan tips menyiasati agar kalian tidak lupa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar