Senin, 05 September 2016

7 Virtual Reality Yang Akan Mengubaj Dunia

Pernahkah kalian membayangkan akan adanya alat yang bisa membawa kita ke dunia lain? Kita akan melihat pemandangan yang beda sama sekali meskipun kita berada di rumah kita. Kita bisa menjelajahnya dengan bebas. Mungkin kalian yang pernah menonton anime "Sword Art Online" akan mengerti maksud dari pemandangan tersebut. Ini merupakan salah satu teknologi impian. Apalagi bagi para gamers dan penjelajah yang merindukan suasana fantasi. Teknologi ini biasa sisebut dengan Virtual Reality. Teknologi ini pertama kali viral ke publik melalui demo dari Oculus Rift di kickstarter pada tahun 2012. Dan hingga saat ini sudah banyak yang menciptakan alat Virtual Reality setelah Ocukus Rift. Apa saja alat itu?


1. Oculust Rift



Alat yang satu ini meeuoakan cikal bakal VR atau Virtual Reality yang pertama kai dibuat. Oculus Rift ini merupaka. Alat temuan dari Palmer Luckey berkolaborasi dengan Jhon Carmack yang berhasil menauai kesuksesan besar melalui kampanye di kickstarter. Dari situs crowdfunding tersebut Oculus Rift berhasil menuai kesuksesan dengan mendapatkan US$2,5 Juta untuk proses pengembangan. Protorype terbaru dari Oculus Rift adalah DK 2. Ocukus Rift ini menyajikan fitur baik gaming maupun non gaming. Fitur non gaming tersebut adalah meliputi Oculis cinema, Oculus media social, promosi dan visualisasi di dunia industri.


2. Samsung Gear VR



Gadget buatan Samsung ini sebenarnya sudah rilis protorypenta sebanyak 2 kali. Prototypenya bernama inovator 1 dan 2. VR satu ini adalah hasil kerjasama Samsung dengan Oculus. Ada yang unik dari VR yang satu ini, yaitu gadget ini baru bisa berfungsi ketika digabung dengan smartphone Samsung. Untuk inovatir edisi 2 tabg dirilis 2015 hanya bisa digunakan dengan samsung S6 dan S6 edge.


3. Google Cardboard


Inilah VR yang paling murah diantara pesaingnya. VR yang satu ini sangat unik. Google Cardboard ini terbuat dari kardus. Iya kalian gak salah baca, beneran dari jardus. Bentuk alat ini hanya berbentuk kardus dan nantinya akan digabungkan dengan smartphone kita. Disini mereka hanya mengembangkan aplikasi yang menunjang alat ini. Alat ini dibuat oleh peneliti Google bernama Davod Coz dan Damien Henry. Inilah alat yang bisa kita dapatkan secara gratis, tinggal download templatenya dan kita bisa membuatnta sendiri.


4. Microsoft Hololens



Microsoft Hololens merupakan bagian dari Windows Holographoc. Microsoft Hololens merupakan kacamata super keren yang dilengkapi dengan headset tanpa kabel, dan berisi komputer dengan Windows 10. Design dari alat ini sungguh elegan. Alat ini berisi sensor canggih, menggunakan high definition stereoscopic 3D optical head mounted display, dan spatial sound yang membuatnya bisa menampung reality aplications dengan natural user interface yang dapat berinteraksi melalui gerakan mata, suara, dan gestur tangan. Hololens ini sidah lama dikembangkan ternyata, hanya pada awalnya cukup dirahasiakan yaitu pada tahun 2007 dengan codename "Peoject Baraboo." Dengan semua fitur kerennya alat ini diperkirakan akan memiliki harga jauh lebih mahal dari video game console.


5. FOVE Eye Tracking VR




Alat ini memiliki design yang sangat keren. Kelebihan dari alat ini berada pada headset dan eye trackingnya. Fitur eye tracking ini membuat kita bisa mengarahkan atau mengincar suatu benda yang ada dalam dunia virtual hanya dengan lirikan mata kalian. VR yang satu ini didesain dengan material yang dapat menyesuaikan bentuk kepala yang berbeda-beda sehingga akan lebih nyaman. FOVE telah mulai melakukan kampanyenya di kickstarter pada tahun 2015 dan telah mendapatkan 1.480, backers dengan total dana US$480.650.


6. Magic Leap

Bentuk dari alat yang satu ini masih menjadi misteri. Magic Leap berhasil ditemukan oleh Rony Abovitz pada tahun 2010. Perusahaan ini bekerja dengan diam-diam sampai pada tahun 2014 lalu. Setelah mereka mengemukakan sedang melakukan proyek mengenai augmented reakity dan computer vision, banyak perusahaan top seperti Google, Qualcomm, Andreessen Horowitz dan Kleiner Perkins memberikan dana kepada proyek ini hingga terkumpul US$ 540 juta untuk pengembangan alat ini. Dengan dana yang sebesar itu kita sudah tidak sabar menunggu rilisnya alat ini. Alat ini dilengkapi dengan 3D komputer yang dapat memancarkan light field ke mata penggunanya sehingga gambar 3D yang ditampilkan akan terasa sangat nyata. Untuk menghasilkan light field tersebut digunakan chip khusus yang bernama silicon photonics


7. Sony Project Morpheus





Bagi kalian para games pasti sudah tidak sabar menunggu yang satu ini. Morpheus ini adalah codenama untuk realisasi Playstation VR. VR ini akan dapat dioperasikan dengan PS4 dan PS Vita. Alat ini dilengkapi dengan fitur-fitur display dan sound yang sangat luar biasa. Pada prototype alat ini memiliki spesifikasi layar OLED dengan resolusi 1920x1080 demham RGB subpixel matrix, dan akan dapat menampilkan konten dengan kecepatan 120 fps. Alat ini juga akan dilengkapi dengan high FOV, 6DOF head-tracking, stereoscopic 3D dan dapat menampilkan tampilan ke TV untuk mengetahuiapa yang dilihat oleh pengguna atau untuk berkompetisi dengan penguna PS4 controller biasa. Dengan kualitas produk Sony kita akan bisa berharap banyak melalui alat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar