Minggu, 29 Januari 2017

Makanan Tetap Fresh Selama 19 Hari dengan NanoICE

Dimanakah kalian biasanya menyimpan makanan? Di kulkas? Sudah terlalu biasa. Lagipula kulkas itu tidak portable, menghasilkan gas Freon dan membutuhkan listrik yang cukup besar. Terus berapa lamakah makanan kalian bertahan di kulkas? Seminggu atau 2 minggu mugnkin masih bisa kita makan, itupun sudah bisa dibilang makanan yang sudah tidak segar atau fresh. Sekarang ini adakah teknologi yang memiliki daya penyimpanan melebihi kulkas? Tentu saja ada. Teknologi ini lagi-lagi berbasis nanotechnology. Coba tebak berapa lama metode ini bisa menyimpan makanan? Dengan metode ini makanan akan tetap segar hingga 19 hari, dan akan masih layak makan hingga 40 hari.

Mesin NanoICE

Metode Ajaib Tersebut Bernama NanoICE

Latar belakang munculnya inovasi ini adlaah ketika kita mengekspor makanan atau menagkap ikan ditengah laut, kita tentunya perlu mengawetkannya. Pada kondisi seperti itu metode pengawetan dengan kulkas tidak dimungkinkan.Biasanya makanan akan diawetkan dengan memakai ice pack atau didinginkan dengan es bati. Tapi metode ini sangat merugikan dan tidak tahan lama. Darisinilah ide NanoICE ini muncul. NanoIce ini pertama kali ditemukan oleh Snaebjorn Tr. Gudnason dari Islandia. Mesin NanoICE tersebut dapat membuat "fracture" atau serpihan. 250 fracture tersebut hanya akan sebesar rambut manusia. Craig Rominger, CEO dan Presiden dari NanoICE mengatakan sekarang ini nelayan akan dapat menyimpan ikan selama 19 hari ketika berlayar ditengah laut dan melabelinya dengan fresh atau segar ketika kembali.

"Kita dapat mengawetkan makanan lebih lama dari siapapun." Kata Rominger. "Dan ini adlaah model makanan segar bukan makanan beku,"

Konsep Dasar NanoICE

Makanan menjadi bususk dan tidak segar itu dikarenakan 2 hal, yaitu pembusukan akibat bakteri dan pengeringan akibat menguapnya kandungan air. Konsep dari cara pengawetan dengan NanoICE adalah partikel dari NanoICE akan menutupi seluruh baian adri makanan. Oleh karena itu, bakteri tidak akan bisa masuk karena seluruh tubuh tertutupi dengan partikel dari NanoICE dan suhu yang sangat rendah. Dan kadar air akan terjaga karena NanoICE melapisi bagian makanan sehingga air tidak bisa menguap. Selain itu karena es tersebut berukuran kecil, maka luas permukaan dari NanoICE tersebut akan sangat besar, sehingga makanan akan dingin dengan sangat cepat. Selain itu suhu dingin yang dihasilkan akan bertahan lama.

Partikel NanoICE

Keuntungan Penggunaan NanoICE

NanoICE ini sebenarnya berbentuk mesin yang dapat menghasilkan es berukuran nano. Keuntungan dari metode ini adlaah ramah lingkungan karena tidak membutuhkan gas Freon. Lebih portable karena bisa dipakai langsung ketika di kapal atau dipesawat. Bisa juga digunakan dalam proses pengemasan. Soal harga NanoICE ini dapat bersaing dengan sistem pengawetan lain yang sebelumnya digunakan seperti pendinginan dengan es. Selain itu tekstur makanan tidak berubah karena NanoICE ini tidak membekukan makanan, beda sekali dengan menggunakan freezer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar